Betta-ku

Betta-ku petarung

Jenis ikan air tawar yang sangat digemari di Indonesia adalah ikan yang suka bertarung atau adu jotos. Jenis ikan hias air tawar ini jika dua jantan diIetakkan dalam satu wadah, mereka langsung pasang kuda kuda untuk bertarung, adu jotos. Dan, ikan ini termasuk dalam kelompok ikan pembuat sarang busa, seperti ikan cupang.

Disinilah seringkali terjadi salah kaprah dalam penyebutannya. Ikan hias cupang dan betta memang termasuk dalam satu famili, tetapi sifatnya sangat bertolak belakang. Di masyarakat terlanjur di sebut sebagai ikan cupang, padahal namanya adalah Betta.

Ikan ini mempunyai nama latin Betta splendens, sementara cupang mempunyai nama Ctenops vittatus. Dalam hal kecantikan tubuh dan bentuknya, Betta jauh lebih cantik dibandingkan Cupang.

Sistematika Betta

Untuk lebih jelasnya sehingga kita mengetahui secara jelas perbedaan Betta dengan Cupang, maka kita perhatikan sistematika ikan Betta, yaitu:

Ordo              : Percomorphoidei
Sub-ordo        : Anabantoidei
Famili            : Anabantidae
Genus           : Betta
Spesies         : Betta splendens Regan

Jenis ikan hias air tawar ini banyak dijumpai di Thailand, Malaysia, dan Asia Tenggara. Nama Inggris jenis ikan ini adalah Fighting Fish dan nama aliasnya adalah Laga.

Macam-Macam Jenis Betta

Sebenarnya, untuk ikan hias air tawar yang termasuk dalam jenis Betta ada 7 (tujuh), yaitu:

  • Betta atau Siamese Fighting Fish (ikan adu siam). Jenis ini mempunyai ukuran paling penjang 5 – 6 cm. warna tubuh dan siripnya suka mengalami perkembangan, merah, hijau, biru dan kombinasi warna tersebut.
  • Split-Tailed Betta (ekor cagak) memiliki ukuran panjang tubuh dapat emncapai 7,5 cm dan warnanya sama dengan Betta
  • Libby Betta,  ukuran panjang tubuhnya dapat menvapai ukuran 10 cm dengan warna sama dengan warna Betta.
  • Betta bellica memiliki tubuh yang memanjang berwarna coklat kehitaman dengan bintik bintik putih
  • Betta brederi, bentuknya lumayan cantik dengan warna kebiru-biruan dan warna kepala coklat kemerahan
  • Betta imbelis memiliki  warna tubuh hitam pekat dengan sisi sirip berwarna merah menyala
  • Betta smaragdina,  tubuhnya berwarna hitam memanjang dengan bintik-bintik hijau muda.

Dengan  memahami konsep dasar jenis Betta ini, maka selanjutnya kita dapat membedakan jenis-jenis ikan air tawar, Betta.

Dari sekian banyak spesies Betta yang kita kenal tersebut, maka satu hal yang harus kita pahami bahwa sang jantan mempunyai penampilan lebih cantik dibandingkan sang betina. Disamping itu, salah satu hal yang sangat memikat para penggemarnya adalah kemampuannya untuk bertarung dengan jantan lainnya.

Sifat Ikan Betta

Jenis ikan hias air tawar  ini mempunyai temperamen yang mudah meledak. Jika ada pejantan lain di sekitarnya, yang dianggapnya sebagai wilayah teritorialnya, maka dia berani bertarung hingga mati untuk mempertahankan wilayah tersebut.

Tetapi sebenarnya Betta jantan sangatlah sentimental bila menghadapi keturunannya. Betta jantan ini dengan penuh rasa sayangnya menjaga anak anak yang masih kecil.

Jenis ikan hias Betta termasuk kelompok ikan dengan kemampuan oksigen langsung ke udara bebas. Oleh karena itu, jenis ikan ini mempunyai kemampuan untuk hidup di lingkungan sempit. Ikan ini mampu mengambil udara dari udara bebas sehingga dengan sedikit air, maka hidup kita menjadi lebih baik lagi.

Begitulah beberapa hal terkait dengan keberadaan jenis ikan hias air tawar, Betta. Dengan mengetahui segala hal terkait dengan ikan hias air tawar ini, maka semakin bagus kita mengenal ikan Betta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s